Monday 14 January 2013

TEKNIK BUDIDAYA IKAN HIAS NEMO ATAU CLOWNFISH




 Oleh Abdul Gani
 

TEKNIK BUDIDAYA IKAN HIAS NEMO ATAU CLOWNFISH

Mengenal ikan nemo atau clownfish
lkan badut adalah ikan hias air laut dari subfamili Amphiprioninae. Terdapat sekitar 28 spesies dikenali, salah satunya berada di genus Premnas, sementara sisanya di genus Amphiprion. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar dapat tumbuh mencapai panjang 18 cm, sementara terkecil hanya mencapai 10 cm. Di jepang, ikan badut di kenal dengan nama kakure-kumanomi, di Rusia: obyknovennaya rybka-kloun, dan di Denmark: klovnfisk.
Nama Ilmiah: Amphiprion percula
Nama lain : ikan badut (clownfish), ikan anemon (anemone fish), ikan nemo
Ukuran: 3 – 4 inci (10 cm)
Harapan hidup: 3 – 6 tahun
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Pomacentridae
 
                                 
Habitat dan Penyebaran
Ikan badut merupakan ikan karang tropis yang hidup di perairan hangat pada daerah terumbu dengan kedalaman kurang dari 50 meter dan berair jernih. Dengan daerah penyebaran di Samudera Pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma), dan Great Barrier Reef Australia.

Makanan
Ikan badut merupakan ikan omnivore (pemakan hewan dan tumbuhan), jadi selain invertebrata kecil (crustacea & parasit yang melekat pada tubuh anemon), alga juga diketahui memenuhi 20 – 25% kebutuhan nutrisinya.

Simbiosis Mutualisme
Ikan badut & anemon hidup berdampingan & saling menguntungkan, Anemon akan melindungi ikan badut dan ikan badut akan menangkal ikan kupu-kupu (Butterfly Fish) yang suka memakan anemon. Ikan badut juga akan memakan invertebrata kecil yang melekat di tentakel anemon yang membahayakan anemon (parasit) dan membantu membersihkan anemon dari kotoran seperti pasir dsb. Di sisi lain kotoran dari ikan badut memberikan nutrisi untuk anemon.


Teknik budidaya ikan nemo/clownfish

           1.      persiapan wadah
Wadah yang digunakan untuk induk adalah aquarium 40 x 40 x 40 cm yang dilengkapi dengan instalasi air laut dan aerasi serta saluran pembuangan. Aquarium tersebut ditempatkan di ruangan yang cukup cahaya sinar matahari hal dimakasudkan untuk menghidari parasir baik untuk induk maupun terhadap telur yang dihasilkan.

            2.      Induk yang digunakan
Induk yang digunakan adalah induk alam atau induk dari hasil pemijahan yang sudah diseleksi baik dari segi Kesehatan, jenis, ukuran, warna maupun karakter lain yang diminati oleh pasar.

            3.   Perjodohan
Perjodohan dilakukan untuk mendapatkan pasangan induk yang cocok, ikan nemo jika merasa tidak cocok dengan pasangannya maka ikan tersebut akan berantem sampai ada yang mati jika tidak cepat dipisahkan. Perjodohan ikan nemo tidaklah terlalu sulit cukup memilih induk yang besar (betina) dan induk yang agak kecil (jantan) masukkan dalam aquarium yang sudah disiapkan, sebaiknya sirkulasi air dilakukan selama 24 jam agar kondisi kualitas air tetap terjaga. Setelah perjodohan dilakukan, sebaiknya diamati terus, jika tidak terjadi kecocokan maka pasangan tersebut harus diganti sampai mendapatkan pasangan yang cocok.

4.      Penanganan iduk
Untuk mempercepat proses pemijahan dan dapat menghasilkan telur yang berkualitas maka pakan yang diberika harus berkualitas pula dan diberikan sesering mungkin. Pada tahap awal pemijahan telur yang dihasilkan masih sedikit dan bahkan terkadang tidak menetas,  pada Pemijahan selanjutnya produksinya akan terus meningkat. Pemijahan terjadi pada siang hari yaitu sekitar pukul 12.00 - 17.00 dimana induk betina perlahan meletakkan dan menata telurnya pada subsrat dekat anemone lalu dibuahi oleh jantan, hal ini dilakukan berulang kali sampai proses pemijahan selesai. Telur dijaga dan dibersihkan oleh induknya namun yang paling dominan adalah jantan. Telur menetas menjadi larva setelah berumur 6 atau 8 hari dan biasanya telur menetas dimalam hari yaitu sekitar pukul 19.00 - 20.00. 

5.      Penanganan larva
Dalam pemeliharaan larva sebaiknya wadah yang digunakan minimal bervolume 1 ton karena semakin kecil volume air maka pluktusi perubahan kualitas air juga semakin cepat dan sangat berpengaruh terhadap SR dan pertumbuhan larva.  Pada tahap awal pakan yang diberikan adalah rotifer yang disesuaikan dengan kepadatan larva dan dipertahankan kepadatan rotifernya 5-10 sel/ml air. Selain rotifer pakan alami berupa naupli artemia diberikan setelah  mencapai  umur 7 atau sekitar 10 hari dan disesuaikan kemampuan larva untuk mengkonsumasi naupli artemia tersebut. Hal ini dapat dilihat dari perubahan warna larva dari hitam menjadi agak kemerahan dan pada saat itulah larva dapat mengkonsumsi naupli artemia. Pakan tambahan juga dapat diberikan berupa pellet setelah umur >10 hari. larva sudah dapat dipindahkan ke wadah pendederan atau  pembesaran setelah 12 hari pemeliharaan. 

6.   Pembesaran
Pembesaran dapat dilakukan pada aquarium, bak fiber atau kolam, namun untuk memudahkan penanganan disaat benih baru keluar dari bak larva sebaiknya dipelihara dalam aquarium dengan system air mengalir. Penanganan diaquarim memudahkan dalam pengontrolan terhadap penyakit, pemberian pakan, perbaikan kulitas. Stelah berukuran 2 cm maka sebaiknya dipelihara di wadah yang lebih luas. Pemberian pakan sebaiknya diberikan sesering mungkin minimal 3 kali sehari, jenins pakan yang diberikan dapat berupa pellet, artemia, cacing renik, udang renik ataupun jentik nyamuk. 

7. Gambar beberapa jenis benih ikan nemo 

Gambar 1. benih  Black Onyx  (Amphyprion percula)

Gambar 2. benih  Misbar  (Amphyprion percula)

Gambar 2. benih  Misbar  (Amphyprion percula)


Gambar 4. .wadah pembesaran







                    Keterangan : Kiri atas adalah wadah akuarium untuk induk dan kanan atas adalah bak
                                         pemeliharaan larva



DAFTAR PUSTAKA
Burgess, W. et all., 1990. Atlas of Marine Aquarium Fishes, Second Edition. TFH Publication. Sidney-Australia
Emmens, C.W., 1988. Marine Fishes and Invertebrates in Your Own Home. TFH Publications. Sydney-Australia
Richard, B., Rickajzen, S., Barker, J. 2007. Ocean, Revealing The Secrets of The Deep. Atlantic Publishing. UK. Pg 210
www.wikipedia.com

20 comments:

  1. oke sama2 dan semoga berhasil....kalau ada kendala nanti kita bahas bersama

    ReplyDelete
  2. Newbie nih gan. Lokasinya dimana itu siapa tau bsa mampir dan menyalurkan hobby yg selama ini blm tersalurkan. PM ya gan thank's :-)

    ReplyDelete
  3. Di Ambon gan……mampir aja di Balai Budidaya Laut Ambon tepatnya di Desa Waiheru

    ReplyDelete
  4. Pak, yang di Bali lokasi ada di mana ?

    ReplyDelete
  5. bukan di Bali Pak tapi di Ambon (Maluku)

    ReplyDelete
  6. Saya Saipul Pak Gani...

    Saya mau beli induk nemo percula, biak dan balon (padang) untuk saya kembang biakkan...
    atau juga calon indukan yang bagus..

    ReplyDelete
  7. ok pak nanti kita seleksi dulu yang terbaik

    ReplyDelete
  8. Untuk per ekornya berapa harganya pak?

    ReplyDelete
  9. Biasanya harga per ekor berapa pak?

    ReplyDelete
  10. Harga perekor nemo biak biasa Rp 5.000 nemo biak hitam 15.000 ukuran panjang ikan 3,5 cm tapi untuk pengiriman antar pulau minimal 1 box dengan jumlah 300 sampai 400 ekor.

    ReplyDelete
  11. Sy mau dong pak nemo nya
    Tolong kirim pricelist nya pak ke email sy !
    Smua jenis nemo yg bpk budidaya,
    november2tdy@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Gan minta no tlfon nya gan atau pin bb.aku mau beli ikan nemo nya gan

    ReplyDelete
  13. pak mohon maaf saya ingin minta contact person atau pin bbnya pak , ingin tanya tanya lebih lanjut , ' riezkyelds@gmail.com '

    ReplyDelete
  14. Untuk pak Riezky Elditiya
    boleh aja pak tapi sebulumnya SMS dulu karena jarang bw Hp saat jam kerja.... no Hpq 081355599647

    ReplyDelete
  15. mau nanya pak, biasanya ikan nemo itu maksimal pemijahan itu sampai berapa kali ??? dan update terbaru harga nemo biak itu berapa pak..???
    maaf klo bnyak tanya pak soalnya mau coba budidaya ikan nemo, hehehee

    terima kasih

    ReplyDelete
  16. Untuk pak Ali Hastalavista.. maksimal pemijahan nemo A.percula atau nemo biak adalah 3 kali sebulan.... aku punya induk sudah 3 tahun tapi masih memijah terus. oyah harganya berpareasi antara Rp 5000 sampai jutaan, tergantung warna dan coraknya.

    ReplyDelete
  17. pak, rotifer nya bisa dibeli dimana ya ? Trims

    ReplyDelete
  18. hi .... !!!!!

    pak gani terima kasih atas ilmu yang di berikan alhamdulillah sudah bisa memijahkan nemo dengan baik berkat masukan sarannya.

    ReplyDelete
  19. Haloo Pak Gani
    Salam kenal. Saya exporter ikan hias laut dari manado. Kalo pihak bapak sudah bisa breeding nemo biak saya butuh cukup banyak untuk shipment export per minggu nya. Saya coba call dan sms bapak. Kalo bisa coba bapak call saya di no HP 0821 1208 1991 atau email : (nuke1234@gmail.com). Salam - Satriyo

    ReplyDelete

Budidaya ikan hias blue devil

Budidaya ikan hias blue devil
Benih hasil budidaya

Budidaya Ikan Hias Clownfish

Budidaya Ikan Hias Clownfish
Benih ikan Clownfish

AMBON (17/7) - HASIL PEMBENIHAN IKAN HIAS. Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta (kanan) didampingi Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menyaksikan hasil pembenihan ikan hias yang dilakukan para peneliti pada Balai Budidaya Laut Ambon saat Pencanangan Program Iptek Koridor Ekonomi Papua-Kepulauan Maluku yang berlangsung di Ambon, Maluku, Selasa (17/7). FOTO ANTARA/Izaac Mulyawan/ed/nz/12. sumber: antarafoto.com

Text Widget

Blogroll

Blogger templates

Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Popular Posts